Minggu, 04 April 2010

Diksi
Diksi adalah pemilihan kata dengan gaya ekspresi oleh penulis atau pembicara dengan jelas sehingga setiap kata dapat didengar dan dipahami hingga kompleksitas terjauhnya. Diksi memiliki beberapa bagian yaitu pendaftaran seperti kata formal dan informal.adapun analisis diksi secara literal menemukan bagimana satu kalimat menghasilkan intonasi dan karakterisasi.

Istlah Umum
Diksi dapat diartikan sebagai pemilihan kata oleh pengarang untuk menggambarkan cerita-cerita Agar usaha mendayagunakan teknik penceritaan yang menarik lewat pilihan kata.Maka diksi yang baik harus tepat memilih kata untuk menggungkapkan gagasan,diperlukan kemampuan untuk menemukan bentuk yang sesuai dengan situasi dan pilihan kata yang tepat,kosa kata mampu mendayagunakan menjadi kalimat yang jelas dan efektif dan digunakan secara umum.

Istilah khusus
Istilah khusus adalah istilah yang pemakaiannya bermakna terbatas pada satu bidang tertentu seperti Diagnosis,dan pidana. Bisa juga diartikan sebagai makna katanya memiliki makna yang khusus, tetap, dan pasti.
Macam – macam makna
- Makna Denotasi adalah Makna kata atau kelompok kata yang didasarkan atas penunjukan yang lugas pada sesuatu diluar bahasa atau didasarkan konveksi tertentu yang bersifat objektif.
- Makna Konotasi adalah Aspek makna sebuah atau sekelompok kata yang didasarkan atas perasaan atau pikiran yang timbul atau ditimbulkan pada pembicara atau pendengar.
- Makna Leksikal adalah Makna yang didasarkan oleh makna kamus, makna ini terdapat didalam kata – kata yang belum mengalami proses perubahan bentuk apapun.
- Makna gramatikal: Makna yang dimiliki kata setelah mengalami proses gramatikalisasi bisa berupa pengimbuhan, pengulangan atau pemajemukan.
- Makana structural adalah Makna yang dimiliki oleh suatu kata setelah digunakan dalam kalimat.
- Makna kontekstual adalah Makna yang terkandung suatu kata yang keberadaan maknanya itu sangat bergantung pada situasi dan kondisi penggunaannya.
- Makna kalimat berita adalah Kalimat yang isinya berupa penyampaian berita atau informasi.
- Makna kalimat perintah adalah Kalimat yang maknanya memberikan perintah untuk melakukan sesuatu.

Kata baku adalah kata yang cara pengucapannya atau penulisannya sesuai dengan kaidah kaidah standar atau kaidah yang telah dibakukan kaidah standar yang dimaksud adalah EYD tata bahasa baku atau kamus umum
Kata tidak baku adalah kata yang cara pengucapannya atau penulisannya tidak memenuhi kaidah kidah umum tersebut

0 komentar:

Posting Komentar

 

Great Morning ©  Copyright by Rahmasari.Putri'S BloG | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks